Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) telah menetapkan hasil akreditasi tahun 2019 dan SMA Negeri 2 Banda Aceh mendapatkan predikat A dengan total skor 92 untuk sekolah unggulan di Provinsi Aceh.

Hasil akreditasi tersebut ditetapkan melalui surat (SK) pengumuman resmi nomor 842/BAN-SM/SK/2019, tanggal 07 Oktober 2019 yang ditandatangani Ketua BAN-S/M Pusat Dr Toni Toharuddin M Sc.

Sementara standarisasi yang dilakukan terdapat sekitar 8 standar yang dinilai dan dilakukan dalam audit akreditasi ini yakni (1) standar isi, (2) standar proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) tenaga pendidik dan kependidikan, (5) sarana dan prasana, (6) pengelolaan, (7) pembiayaan, dan (8) penilaian pendidikan.

Tidak hanya kelengkapan dokumen tim audit/assesor juga melakukan visitasi atau kunjungan langsung ke sekolah seperti yang dilakukan ke SMAN 2. Tujuannya untuk melakukan pengecekan data dokumen dan kelayakan.

Menurut kepala sekolah SMAN 2 Drs Muhktar, dalam penilaian akreditasi 2019 ini terdapat ratusan sekolah jenjang SMA baik negeri maupun swasta yang kini telah mendapatkan akreditasi dalam bentuk nilai, peringkat dan peringkat akreditasi untuk sekolah/madrasah.

“Alhamdulillah atas dukungan semua pihak akreditasi sekolah kita SMA2 bisa kita pertahankan nilai A dengan nilai 92,” ungkap Muhktar.

Diungkapkan juga bahwa ada sekitar 8 standar penilaian dilakukan dalam audit akreditasi ini yakni (1) standar isi, (2) standar proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) tenaga pendidik dan kependidikan, (5) sarana dan prasana, (6) pengelolaan, (7) pembiayaan, dan (8) penilaian pendidikan.

Tidak hanya kelengkapan dokumen tim audit/assesor juga dilakukan visitasi atau kunjungan langsung ke sekolah SMA Negeri 2 Banda Aceh untuk melakukan pengecekan data dokumen dan kelayakan.

Selain skor nilai, BAN-S/M juga memberikan predikat akreditasi ke SMA Negeri 2 dengan predikat A untuk nilai sekolah unggulan ini.

Dengan berhasil meraih predikat akreditasi A ini banyak tokoh pemerhati pendidikan yang memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah, para guru dan pihak komite sekolah yang dipimpin oleh Bustami Usman.

Alhamdulillah, semoga dengan perolehan akreditasi A ini mencerminkan kinerja yang baik dan kiranya ini merupakan berikan kontribusi nyata para pihak terhadap peningkatan kualitas di segala komponen pendidikan di SMAN 2 BNA.

“Terima kasih kepala Sekolah dan semua guru, kru SMAN 2 yang telah bekerja maksimal, semoga kedepan SMA ini makin hebat,” kata Azhari SE.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Didi Agustinus, Alhamdulillah, terima kasih Kepala Sekolah SMAN 2 dan segenap jajarannya, bersama seluruh pengurus Komite Sekolah SMAN 2 atas segala bantuan dan perhatiannya selama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here