Sekolah Menengah Atas Negeri 2 ( SMAN 2) Boarding School Banda Aceh hingga kini masih menjadi salah satu dari 10 sekolah menengah atas favorit di Aceh. Sehingga banyak peminatnya dari luar Kota Banda Aceh yang ingin menjadi siswa di sekolah yang dinahkodai Mukhtar ini.

Mukhtar menjelaskan SMA yang berdiri sejak tahun 1963 ini, membuka dua program penerimaan siswa baru, yakni jalur boarding school yang masuk melalui seleksi tes dan jalur undangan. Untuk jalur tes harus melewati beberapa tahapan, diantaranya akedemik, wawancara, bahasa inggris, dan keagamaan dan jalur undangan.

“Untuk kelas boarding, bisa diikuti seluruh siswa yang ada di seluruh Aceh tanpa ada batasan. Dan hanya dibuka untuk empat kelas dengan kapasitas 30 siswa setiap kelasnya. Jadi totalnya 120 siswa yang lulus seleksi berasal dari seluruh Aceh,” papar Kepala SMAN 2 Banda Aceh, Mukhtar kepada KBA.ONE, Jum’at 7 Mei 2021.

Sementara untuk kelas regular, jelas Mukhtar, dilakukan sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni dengan kuota 50 persen siswa jalur zonasi, 30 persen jalur prestasi, lima persen jalur pindahan orang tua, dan 15 persen lagi jalur afirmasi (daerah tertinggal dan pulau terluar).

Dalam penentuan zonasi, ada beberapa ketentuan yang diatur yakni ada zonasi sekolah, desa tempat sekolah, zonasi wilayah (desa-desa terdekat di Kecamatan Kuta Alam). Selain itu, juga ada zonasi Kota Banda Aceh (seluruh sekolah yang ada di Kota Banda Aceh), dengan perbandingan poinnya untuk desa 20, zonasi sekolah juga beberapa desa terdekat itu 15 poin dan zonasi kota 10 poin, ditambah dengan tanggal dan tahun lahir, semakin tua maka semakin besar kesempatannya peluangnya.

Untuk kelas regular tahun ini masih dibuka empat kelas, dengan kapasitas 36 orang per kelas, sehingga total yang diterima untuk kelas regular sejumlah 144 siswa.

“Untuk regular tidak ada seleksi lagi hanya sesuai zonasi. Namun jika terlalu ramai peminatnya maka akan dilakukan penyaringan lewat tanggal dan tahun lahir. Jika semakin muda usianya dan semakin jauh lokasinya dari sekolah, maka semakin kecil peluang diterima sebagai siswa SMA Negeri 2. Cara seleksinya cukup dengan memasukkan nilai zonasi dan tanggal lahir, serta tahun lahir saja,” jelas Mukhtar.

Untuk penerimaan siswa baru tahun ajaran 2021, kelas bording school sudah dimulai sejak Februari. Kata dia, saat ini sudah dilakukan daftar ulang bagi siswa yang lulus. Sedangkan untuk regular sendiri terakhir penerimaannya pada 28 April – 6 Mei 2021 dan akan diumumkan pada 20 Mei 2021.*** | FITRI, Kontributor Banda Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here