30 THN ASIA PASIFIC REGIONAL SCOUT JAMBOREE YAMAGUCHI PREFECTURE-JAPAN 2013

Written by andika on . Posted in Berita

PESERTA APR KE-30 YAMAGUCHI PREFECTURE-JAPAN 2013

SMA NEGERI 2 BANDA ACEH BERSAMA SALAH SEORANG DEWAN JURI (DARI KIRI KE KANAN)

CLOUDIA NOVIANI, CUT KAK USWATUN HASANAH, WILADATIKA

Sehubungan dengan akan diadakannya Asia Pasific Regional ke-30 di yamaguchi prefecture Jepang pada bulan Agustus 2013, kwartir daerah gerakan pramuka aceh beserta staf jajarannya mengadakan seleksi pada tanggal 23-26 Desember 2012 di bumi perkemahan Jantho, Aceh Besar.

Hampir seluruh kabupaten/kota di aceh mengirimkan masing-masing 4 peserta putra dan putri terbaiknya untuk mengikuti seleksi, hanya beberapa kabupaten yang tidak mengirimkan peserta, diantaranya adalah Aceh Selatan, Aceh Singkil, Sabang, Bireun dan Gayo Luwes. Dari 100 orang peserta, hanya 9 putra dan putri serta masing-masing 2 orang cadangan yang terpilih sebagai peserta APR ke-30. Banda Aceh berhasil mendominasi nilai tertinggi dengan 2 putra dan 4 putri yang akan diberangkatkan nanti. 2 orang dari peserta tersebut adalah siswi SMA Negeri 2 Banda Aceh atas nama Cloudia Noviani dan Wiladatika. Cloudia berhasil mendapatkan nilai tertinggi untuk peserta putri.

Aspek yang dinilai adalah seleksi administrasi, pengetahuan umum, teknik kepramukaan, listening, personal art perform, tes fisik, tes kesehatan,dan penjelajahan. Selain itu, para juri yang diketuai oleh Cut Bang Eka Susilawati juga menilai kedisiplinan, mental dan kepribadian para peserta. Seluruhnya mulai dinilai sejak peserta memasuki bumi perkemahan hingga upacara penutupan. Hal tersebut dilaksanakan dengan sangat ketat dan selektif.